Webinar ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2020 melalui zoom meeting dan live streaming youtube.Webinar ini dibuka dengan Opening Speech Oleh Ibu Dekan FTIK Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I dan dilanjut Keynote Speaker Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag.Webinar ini dimoderatori Oleh  Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,MM. Pemateri Pertama Yaitu Prof. Dr. Sutiman B. Sumitro, SU., D,Sc Selaku Guru Besar dari Universitas Brawijaya Malang Dan Pemateri Kedua yaitu Dokter Rendra Bramanthi selaku Dokter Di Rumah sakit Dokter Iskhak Tulungagung.

Materi dari Dr. Sutiman B. Sumitro, SU., D,Sc ini Membedah peran Low molecular Weight Antioksidant (LMWA) dalam jamu dengan perspektif sesuai dengan konsep jamu yang bersifat holistik dan tidak bertumpu pada mekanisme bio-komponen aktif sebagai senyawa tunggal.Jamu diberitakan berkhasiat untuk pencegahan dan pengobatan covid-19.Perspektif nano sains dapat memberikan ide pembuka jalan keluar mengatasi kebuntuan logika untuk menanggulangi masalah epidemi Covid-19 dengan basis sumberdaya lokal.

Materi dari Dokter Rendra Bramanthi adalah sharing pengalaman selama menanggani covid-19 di Rumah sakit Dokter Iskhak Tulungagung dokter Rendra juga menyampaikan  Bagaimana kita harus memandang virus covid 19 ini karena memang virus ini bersifat non linier.kemudian dokter rendra memaparkan lebih ke praktisnya bagaimana beliau menangani kasus covid di RS Dokter Iskhak Tulungagung.karena dampak dari covid ini sangat luas,tidak hanya pada medis tetapi juga sosial,ekonomi bahkan politik. Dokter Rendra juga menyampaikan Apa yang harus kita lakukan di ruangan tertutup untuk minimalisir risiko transmisi airborne.

Upaya IAIN Tulungagung dalam Penanggulangan Covid 19 yaitu dengan Memfasilitasi Pasien Covid 19 untuk karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung dan juga Ambulan IAIN sebagai transportasi pendukung untuk pasien Covid 19.Kita tidak dapat membasmi covid,tetapi kita dapat mengubah pandemi menjadi sesuatu yang tidak terlalu mengancam.yaitu dengan berdamai dengan covid 19,dengan tetap menggunakan masker,taat protokol kesehatan,dan jaga jarak.Adaptasi kebiasaan baru dengan 5M.