Acara Dies Natalis Program Studi Tadris Biologi yang ke 7 tahun, berlangsung meriah dari yang biasanya. Karena terdapat beberapa serangkaian kegiatan baru yang sebelumnya tidak ada dalam rangkaian acara Dies Natalis. Dies Natalis ke-7 Program Studi Tadris Biologi berlangsung selama 7 hari yaitu mulai dari tanggal 30 Mei 2022 – 6 Juni 2022 yang berlangsung di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Serangakaian acara tersebut tampak dinantikan dengan hangat dan di meriahkan oleh seluruh mahasiswa program studi Tadris Biologi.

Tidak dapat dipungkiri acara Dies Natalis ke-7 yang diketua pelaksanai oleh M. Hamsa Al-Ahsin tersebut mendapatkan apresiasi hangat dari para civitas akademik karena serangkaian acara yang berlangsung sukses. Dengan angka 7 yang menjadi usia program studi Tadris Biologi, serangakaian acara yang terdapat dalam memperingati Dies Natalis tersebut terdapat 7 acara. Diantaranya yaitu :

  1. Kegiatan khotmil Al. Qur’an
  2. Dubidu Season 7
  3. Webinar Desain Grafis
  4. Kajian Sains dalam Al. Qur’an
  5. Pemilihan duta Tadris Biologi 2022
  6. Workshop Tadris Biologi
  7. Bazar

Serangakaian kegiatan dalam Dies Natalis ke-7 Tadris Biologi dimulai pada tanggal 30 Mei dengan diadakannya Khataman Al.Qur’an dan do’a Khatmil Al. Qur’an yang diikuti seluruh mahasiswa program studi Tadris Biologi. Yang kemudian esok harinya pada tanggal 1 Juni acara Dubidu season 7 yang mengusung tema “Pemanfaatan black soldier fly sebagai alternatif pengolahan sampah organik” yang mendatangkan langsung dua tokoh kompeten dalam bidangnya yang menjadi pemateri yaitu Ibu Desi Kartikasari, M. Si (Dosen Tadris Biologi) dan Ibu Harti (Team bank sampah) yang dimoderatori oleh Funiba Salwa Azizah ikut mewarnai Dies Natalis ke-7.

Acara berlanjut dengan kegiatan Webinar Desain Grafis yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2022, dengan pemateri Nur Mohammad Iqbal Jauhari (Mahasiswa jurusan teknik informatika) dan moderator Siska Agustina. Kegiatan Webinar tersebut mendapat banyak peminat dari kalangan mahasiswa UIN SATU TULUNGAGUNG.

Tidak hanya sampai situ saja serangakaian acara untuk memeriahkan Dies Natalis ke-7 berlanjut pada tanggal 4 Juni 2022 dengan 2 agenda acara yaitu Workshop Tadris Biologi dan bazar oleh mahasiswa program studi Tadris Biologi. Kegiatan workshop tersebut mengusung tema “Perbedaan stomata pada tumbuhan dan sel penjaga”  yang didampingi langsung oleh Ibu Arbaul Fauziah, M. Si selaku pemateri dan M. Robby Firly selaku moderator. Kegiatan workshop tersebut dihadiri oleh perwakilan mahasiswa program studi Tadris Biologi yang berlangsung di laboratorium biologi. Selain itu, pada hari tersebut juga berlangsung kegiatan bazar yang untuk pertama kalinya diadakan oleh program studi Tadris Biologi, hal tersebut mendapatkan apresiasi hangat dari para civitas akademika. Pasalnya bazar Tadris Biologi merupakan suatu kegiatan yang baru dan dapat berjalan sukses dan meriah. Tidak hanya mahasiswa program studi Tadris Biologi saja yang menghadiri bazar tersebut, tetapi seluruh mahasiswa UIN SATU TULUNGAGUNG juga ikut bergabung untuk mendatangi stan bazar. Acara bazar tersebut dibuka dengan pemotongan pita oleh Bapak Arif Mustakim, M. Si sebagai tanda puncak kegiatan dari Dies Natalis ke-7 Tadris Biologi yang dilanjutkan dengan pertunjukan pencak silat oleh mahasiswa Tadris Biologi yaitu Iqbal Maulana dan Moch Robby Firly.

Bertepatan tanggal 6 Juni 2022, hari itu menjadi hari yang dinantikan bagi para mahasiswa Tadris Biologi, karena pada hari tersebut berlangsung kegiatan pemilihan Duta Tadris Biologi. Kegiatan tersebut berjalan dengan sukses dan meriah dengan 13 peserta Duta Tadris Biologi. Kegiatan tersebut berakhir dengan terpilihnya M. Angger Duta R. Sebagai duta putra Tadris Biologi dan Rahmatu Isna R. Sebagai duta putri Tadris Biologi. Selain itu terdapat duta berbakat yang diraih oleh M. Ismail dan Ragil Hany. F serta duta favorit Tadris Biologi yang diraih oleh Maulidiya Fitrotul Ilma.

Kemudian pada tanggal 20 Juni 2022 diadakan Kajian Sains dalam Al. Qur’an dengan tema “Peran sumberdaya keanekaragaman dan pemanfaatan mikroba sebagai makhluk Allah SWT” seminar tersebut mendapatkan banyak peminat dari mahasiswa program studi Tadris Biologi, karena kedatangan 2 pemateri yang luar biasa yaitu Guru besar Dr. Ir. Nur Hidayat, MP dan Muhammad Iqbal Filayani, M. Si. Kegiatan kajian Sains tersebut menjadi rangkaian acara terakhir dalam agenda memeriahkan Dies Natalis ke-7 Tadris Biologi. Dengan selesainya acara Kajian Sains tersebut, selanjutnya dilakukan penutupan acara Dies Natalis ke-7.