“EXPLORE YOUR KNOWLEDGE & SKILLS WITH OBELIA 2022 TO BECOME A SUPERIOR & LEADING GENERATION OG BIOLOGY”

Obelia merupakan event Olimpiade Biologi tingkat SMA sederajat yang diselenggarakan oleh HMPS Tadris Biologi. Obelia yang diadakan bertepatan tanggal 28 Oktober 2022 tersebut merupakan Obelia ke-4 yang berhasil terselenggarakn oleh HMPS Tadris Biologi. Obelia sendiri merupakan program kerja dari divisi pendidikan dan pengembangan intelektual (PPI).

Adapun rincian dari timeline event obelia yaitu :

Pendaftaran gelombang 1                   : 27 Agustus – 15 September 2022

Pendaftaran gelombang 2                   : 18 September – 19 Oktober 2022

Simulasi peserta                                  : 20 Oktober 2022

Babak penyisihan                                : 22 Oktober 2022

Pengumuman babak penyisihan         : 23 Oktober 2022

Technical meeting                               : 24 Oktober 2022

Babak semifinal & final                      : 28 Oktober 2022.

Olimpiade biologi tersebut, merupakan olimpiade yang berbentuk tim, dimana setiap tim terdiri dari 3 orang dari instansi yang sama maupun berbeda. Pada tahapan pendaftaran jumlah peserta yang terdaftar yaitu sebanyak 100 tim kemudian melalui seleksi tahap pertama yang diadakan pada tanggal 22 Oktober, peserta yang berhasil lolos untuk lanjut ke tahapan semifinal yaitu sebanyak 20 tim. Dimana 20 tim tersebut, merupakan tim peraih skor tertinggi dari hasil seleksi tahap pertama.

Yang selanjutnya pada tanggal 24 Oktober 2022, tim yang lolos ke tahapan semifinal wajib mengikuti technical meeting untuk mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan pada tahapan semifinal. Tepat pada tanggal 28 Oktober 2022 yang bertepatan pada hari Jum’at di gedung Arif Mustakim lt. 6 resmi diadakan pembukaan tahapan semifinal dan final Obelia 4 2022. Pembukaan tersebut dimulai pada jam 08.00 WIB yang dihadiri langsung oleh Ibu Ketua Program Studi yang sekaligus memberikan sambutan kepada peserta yang hadir.

Setelah pembukaan acara, kegiatan langsung dilanjutkan pada tahapan semifinal peserta yang dilakukan dengan konsep observasi (pengamatan), dari tahapan semifinal tersebut melalui penilaian juri diambil 10 tim terbaik yang akan melanjutkan ke tahapan final.

Setelah ishoma, acara langsung dilanjutkan pada tahapan final, dimana 10 tim yang lolos mendapatkan pertanyaan problem solving yang langsung diberikan oleh juri. Setelah melalui penilaian objektif dan bersifat mutlak dari juri, diumumkan 5 peserta yang lolos pada tahapan terakhir yaitu tahapan final 5 besar, dimana pada tahapan ini peserta akan berlomba cerdas cermat untuk memperebutkan Juara 1, Juara 2, Juara 3, Harapan 1, Harapan 2, dan Harapan 3.

Tahapan cerdas cermat berlangsung sangat kompetitif, raut tegang terlihat jelas dari wajah peserta maupun para penonton. Yang kemudian akhir dari tahap 5 besar tersebut diperoleh tim dengan skor terbaik yang berhasil mendapatkan peringkat kejuaraan obelia 4.

Tim peraih tropi tersebut yaitu :

Juara I Diraih oleh MAI AMANATUL UMMAH. Dengan tim yang terdiri dari Itsna Nayla Syafiqoh, Leli Sania Faradina, Yunidza Husnaini

Juara II Diraih oleh SMA N 1 TRENGGALEK. Dengan tim yang terdiri dari Lovialisva Reysa Ayu Nirmalasari, Da’i Nugro Krisyanto, Very Ardiansyah.

Juara III diraih oleh SMA N 2 MADIUN. Dengan tim yang terdiri dari Ketla Nararya Utami, Masitha Firda Yudhiarta, Nisrina Tazkiya Kamila.

Juara Harapan I diraih oleh MAN 1 BLITAR. Dengan tim yang terdiri dari Ananda Dwiki Aprilia,  Roja Kurnia Noorshy, dan Ulwitatun Nihaya

Juara Harapan II diraih oleh MAN 1 BLITAR. Dengan tim yang terdiri dari M Fatan Hilwa Alfauzi, Suci Nurhaliza Rahman, dan Uhailul Fanny Ahmad.

Juara Harapan III diraih oleh SMA N 1 TRENGGALEK. Dengan tim yang terdiri dari Nazwa Aura Sukmasari, Nurma Dwi Himata Solly, dan Oktavia Anis Nurrohmah.

Dengan ditetapkannya pemenang obelia 4 tersebut, maka event obelia 4 tahun 2022 yang di ketua pelaksanai oleh Wildana Masluki resmi ditutup dan telah terlaksana dengan sukses.