Pelatihan hidroponik dirintis dan diperkenalkan oleh Dosen Tadris Biologi (TBIO) yang bertujuan mengajak mahasiswa untuk mengenal tanaman hidroponik. Terdapat komunitas hidroponik di Program Studi Tadris Biologi dengan nama Combain.Komunitas tersebut diikuti oleh beberapa mahasiswa Program Studi Tadris Biologi FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang berminat tentang hidroponik, diikuti kurang lebih 20 mahasiswa mulai dari semester 3 sampai semester 7. Kegiatan tersebut dilakukan dihari sabtu minggu yang tidak menganggu jadwal perkuliahan. Kegiatan hidroponik meliputi pelatihan penyemaian benih, peracikan nutrisi ab mix, pemindahan biji atau benih yang sudah pecah dan berkecambah ke rockwool dan secara langsung dipaparkan ke sinar matahari agar hasil tanaman hidroponik bagus.

Selain kegiatan pelatihan oleh dosen Tadris Biologi, komunitas combain juga melakukan kunjungan ke petani hidroponik Tulungagung atau komunitas tani hidroponik tulungagung (KTHT) untuk menambah wawasan dalam persemaian dan peningkatan kualitas semai. Selain kegiatan tersebut,pernah juga diadakan seminar hidroponik oleh Program Studi Tadris Biologi FTIK IAIN Tulungagung dengan mengundang narasumber Bapak Wahyudi, S.TP. sebagai ketua KTHT untuk memberikan pengetahuan tentang hidroponik serta perkembangan dan pangsa pasar hidroponik kedepannya.

Gambar 1.1 peracikan nutrisi ab mix

Gambar 1.2 Kunjungan ke ketua KTHT

Hasil dari kegiatan hidroponik meliputi penyemaian benih dan pemindahan biji/benih yang sudah pecah dan berkecambah ke rockwool.