Kamis (03/08/2023), bersama dengan 50 tamu undangan dari berbagai OPD di Kabupaten Tulungagung dan Forum Pemerhati Lingkungan, Koordinator Program Studi Tadris Biologi UIN SATU Tulungagung Dr. Eni Setyowati, S.P., S.Pd., MM. menghadiri Launching Sistem Inventarisasi Pohon Tepi Jalan (SISTA POLAN) yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Polres Tulungagung, BPBD, Dishub, Camat, BKSDA Madiun, Balai Pusat Pelaksanaan Jalan Nasional, PU Bina Marga Jawa Timur, UIN SATU Tulungagung, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Forum Komunikasi Hijau, Hampar, PLH Mangku Bumi dan Masyarakat Pemerhati Lingkungan.

Sebagai Ketua Panitia, Kepala Bidang Tata Lingkungan, Reni Fatmawati, ST., MT. menyampaikan laporan kegiatan project leader SISTA POLAN yang dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. Santoso, M.Si. Launching SISTA POLAN ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup. SISTA POLAN merupakan inovasi teknologi untuk menginventarisasi pohon tepi jalan di Kabupaten Tulungagung.

Bentuk dukungan dari kegiatan ini adalah dengan penandatangan Deklarasi Pelestarian dan Perlindungan Pohon Tepi Jalan di Kabupaten Tulungagung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, dan Koordinator Program Studi Tadris Biologi UIN SATU Tulungagung yang dilanjutkan dengan penyerahan pohon secara simbolis. Acara diakhiri dengan demonstrasi penggunaan SISTA POLAN pada pohon di tepi jalan sekitar Hutan Kota dan pemotongan daun pada pohon yang menutupi rambu lalu lintas.

Koordinator Prodi TBIO menyampaikan bahwa “SISTA POLAN ini sangat bermanfaat untuk menginventarisir sejauh mana pohon itu baik dari segi usia, keamanan, dan kebermanfaatannya. Sehingga pihak DLH akan segera dapat melakukan tindak lanjut jika ada pohon yang perlu diperhatikan. Sebagai Program Studi yang peduli terhadap lingkungan tentunya TBIO sangat mendukung sekali dengan adanya SISTA POLAN ini.”