Acara Webinar Agenda Talkswoh Pagi ini dadakan pada Tanggal 27 April 2021 secara online lewat zoom meeting dan live streaming youtube.Webinar ini Diawali dengan Sambutan oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,MM selaku Koordinator Program Studi Tadris Biologi . Pemateri dalam webinar ini yaitu Ibu Desi Kartikasari, M.Si dan Dimoderatori Oleh Zahwa Meira Mahasiswi Tadris Biologi.Ibu Desi Kartikasari Memiliki Usaha Mishmall Homemade pembuatan sabun minyak jelantah dan sudah tidak diragukan lagi pengalamannya mengenai sabun minyak jelantah ini. Webinar ini diikuti oleh masyarakat umum,guru SMP&SMA.

Webinar ini diadakan untuk mengedukasi masyarakat agar bisa mendaur ulang limbah minyak jelantah ini agar tidak mencemari lingkungan.Minyak Jelantah ketika dibuang ke saluran air maka mengeras dan menempel pada dinding penyaluran air,jika dibuang ke parit dapat terserap dan menggumpalkan tanah sehingga dapat menyebabkan banjir,jelantah akan menggapung dipermukaan air sehingga menghalangi sinar matahari masuk ke perairan dan menyebabkan tumbuhan laut tidak bisa berfotosintesis.

Sabun minyak jelantah ini ramah lingkungan,produk organik juga dan sustainable yaitu keberlangsungan.sabun minyak jelantah ini juga aman untuk digunakan untuk bayi karena dari awal bahannya sudah alami.Alat yang perlu disiapkan adalah kita perlu ada timbangan digital untuk mengukur komposisi bahan,jadi kita tidak boleh asal mencampurkan minyak dan soda api dan juga air dengan ukuran yang tidak tepat.Alat selanjutnya yaitu pengaduk kue,baskom,gelas ukur,cetakan.jangan sampai wadahnya menggunakan alumunium,karena jika soda api bereaksi dengan aluminium akan berbahaya.usahakan memakai pelindung tangan,dikarenakan jika soda api terkena kulit akan menyebabkan panas dan gatal.Bahan pembuatan Mijel ini adalah NaOH (128 Gram),Air (360 Gram),Minyak Jelantah (1000 gr) dan pewarna. Pewarna alami bisa menggunakan bubuk kunyit,daun kelor,bubuk spirulina.

Langkah-langkah yang perlu diingat sebelum memulai:

  1. Masukkan NaOH ke dalam air,bukan sebaliknya.karena jika sebaliknya,akan meledak
  2. Ketika  Merendam minyak jelantah dengan arang takaran 600 ml
  3. Campurkan NaOH ke air di tempat terbuka/vertilisasi cukup
  4. Selalu gunakan sarung tangan karena NaOH sifatnya korosif dan panas
  5. Simpan NaOH dengan benar di rumah
  6. Pisahkan alat untuk membuat sabun dengan peralatan dapur

Minyak goreng bekas ini bila langsung digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun mandi hasilnya kurang baik. Sabun mandi dari minyak goreng bekas ini mungkin dari sisi warna tidak menarik karena kotor dan gelap dan dari sisi aroma mungkin aroma dari bahan yang digoreng masih akan melekat pada prodok sabun. Maka minyak jelantah tersebut harus dimurnikan dahulu melalui dua tahap yaitu filtrasi dan adsorbs dan kemudian diikuti tahapan pembuatan. Caranya minyak goreng bekas disaring dengan menggunakan kertas saring. Hasil filtrasi berupa minyak ang telah bebas dari pengotor berupa zat padat. Adsorbsi : Proses ini bertutujuan untuk menghilangkan warna gelap minyak, bau minyak. Hasil dari proses adsorbs ini adalah minyak yang jernih dan tak berbau.