AGENDA TALKSHOW PAGI TADRIS BIOLOGI “PENGEMBANGAN PRODUK SAINS MENJADI BUKU DAN ARTIKEL ILMIAH”

Webinar ini dilaksanakan pada tanggal 01 September 2020 Via Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube yang dimoderatori oleh Ibu Haslinda Yasti Agustin, S.Si,M.Pd.Webinar ini diikuti oleh Mahasiswa tadris biologi dengan Pemateri Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,MM. Dan Juga Bapak Nanang Purwanto, M.Pd.

Webinar ini awalnya terinspirasi bahwa sangat disayangkan apabila produk-produk mahasiswa baik berupa skripsi maupun hasil-hasil pengembangannya itu cuma dikumpulkan di perpustakaan,baik itu perpustakaan fakultas ataupun di jurusan.Jika hanya seperti itu,pembacanya terbatas bahkan tidak terbaca sama sekali.Padahal mahasiswa melakukan penelitian dengan perjuangan yang luar biasa.Oleh karena itu agar produk tersebut bermanfaat minimal untuk masyarakat maupun kalangan akademisi yaitu dengan dikemas menjadi berbagai produk baik dalam bentuk buku ber ISBN,artikel.Jika sudah menjadi artikel,tentunya sudah semakin luas pembacanya.Karya Ilmiah ini juga bisa dijadikan HAKI,Yaitu Hak Kekayaan Intelektual.jadi siapapun yang menjiplak karya yang sudah dipublikasi,maka akan ada sanksinya.

Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,MM. akan menjelaskan bagaimana mengubah karya ilmiah khususnya skripsi dan hasil pengembangannya menjadi Buku dan bagaimana caranya pendaftaran HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) nya.Kunci Menulis Buku yaitu :

  1. Tahu Teknik Efektif dalam menulis buku
  2. Mau berlatih terus menerus
  3. Mau Menyisihkan waktu dan disiplin menulis
  4. Memiliki motivasi yang kuat untuk menulis buku
  5. Tidak Putus asa

Sedangkan Bapak Bapak Nanang Purwanto, M.Pd. akan menjelaskan bagaimana mengubah menjadi artikel sampai memasukkan ke jurnal.