Pada tanggal 3-4 Nopember 2018, di Gor Indoor Trisanja Kabupaten Tegal telah diadakan Kejuaraan Nasional Pencak Silat Terbuka tingkat SD, SMP, SMP dan Mahasiswa PTN/PTS/PTK Pandu Samudra Cup Open I tahun 2018 Memperebutkan Piala Bergilir Presiden IPSI Letjen H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo, dengan tema “Jati Diri Pesilat adalah Pejuang Kedaulatan NKRI”. Kejuaraan ini menjadikan sarana untuk mengapresiasikan para pesilat baik tingkat pelajar maupun mahasiswa.

1

Perguruan Pencak Silat Pandu Samudra adalah Perguruan yang aktif di Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal, yang lahir pada tanggal 05 Nopember 1994, dengan memiliki tujuan untuk melestarikan Pencak Silat sebagai Kebudayaan Indonesia agar tetap diminati banyak pemuda-pemudi, sehingga tercapainya keseimbangan kehidupan. Kejuaraan ini juga sebagai upaya dalam membantuk kualitas transformasi keterampilan pribadi yang mampu menunjukkan sikap sportif dan kompetitif dalam menjunjung tinggi sebuah kehormatan dan mampu mengolah setiap unsur kehidupan dengan bijak dan arif yang nantinya mampu menjadikan para atlet-atlet pencak silat ini dapat bersaing di kompetisi-kompetisi lainnya.

2   

Pada kesempatan ini Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung mengirimkan delegasinya atas nama Moh. Nizar Shoim (mahasiswa Tadris Biologi semester 7) untuk mengikuti kejuaraan tersebut. Berkat kerja keras dan semangat yang tak kenal lelah, Alhamdulillah Moh. Nizar Shoim mampu mempersembahkan medali emas kepada kampus tercinta IAIN Tulungagung. Selamat bagi Shoim, tetap semangat dan semoga menjadi motivasi bagi semua mahasiswa di IAIN Tulungagung. Aamiin.

Salam lestari….Salam konservasi (Tim TBIO)