Pada hari Rabu (18/04/2018) Mahasiswa semester IV jurusan Tadris Biologi FTIK-IAIN Tulungagung melaksanakan Kuliah Lapang di pantai Balekambang Malang dan di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan. Kuliah lapang ini merupakan bagian dari mata kuliah zoologi dan botani. Sebanyak 119 mahasiswa semester IV mengikuti dengan antusias serangkaian kegiatan kuliah lapang ini. Sebagai pendamping adalah Bapak/Ibu Dosen Jurusan TBIO sebanyak 6 dosen termasuk Kajur TBIO. Acara dimulai pukul 05.30 WIB di pantai Balekambang, yaitu pembukaan yang dibuka oleh Kajur TBIO Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. serta sambutan dari ketua panitia (Ardhian). Selanjutnya dengan dipandu oleh Dosen pengampu, mahasiswa memulai kegiatan dengan mencari makroalga yang ada di tepi pantai dari beberapa jarak. Pengukuran jarak menggunakan tali rafia, kemudian mahasiswa mencatat pada jarak berapa mereka menemukan makro alga tersebut dan  mengidentifikasinya.

                                                                                                                                                              KKL Balekambang 1

KKL Balekambang 2

KKL Balekambang 3

Kegiatan kuliah lapang di pantai Balekambang berakhir sekitar pukul 09.30 WIB, dan dilanjutkan perjalanan ke Kebun Raya Purwodadi Pasuruan. Pada pukul 14.00 WIB kegiatan kuliah lapang di Kebun Raya Purwodadi dimulai dengan sambutan dari Kajur TBIO dan dilanjutkan sambutan dan pengarahan dari Bapak Sanusi selaku pengelola Kebun Raya Purwodadi. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan identifikasi tanaman yang ada di Kebun Raya Purwodadi oleh masing-masing kelompok. Terdapat 18 kelompok, masing-masing mengidentifikasi tanaman dengan ciri-ciri yang ada. KKL Purwodadi 1

KKL Purwodadi 2

Setelah semua kegiatan terlaksana, pukul 16.00 WIB seluruh peserta kuliah lapang bersiap-siap untuk kembali pulang. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan kuliah lapang ini mahasiswa diberi tugas untuk membuat laporan hasil kuliah lapang serta membuat herbarium basah dan mengidentifikasinya. Selamat buat TBIO, semoga ilmu yang didapatkan dari kuliah lapang ini bermanfaat. Aamiin. Salam lestari, salam konservasi. (Adm/TBIO)