SEJARAH

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi termasuk seni (IPTEKS) serta guna menyusun skenario strategi dan kebijakan untuk proses pembentukan dan pertumbuhan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang pada saat itu masih Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, maka dilakukan pembentukan Program Studi baru dan penambahan jumlah mahasiswa. Inisiatif diversifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan skala perguruan tinggi. Salah satu bentuk diversifikasi tersebut adalah pendirian Program Studi S1 Tadris Biologi.

UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan berperan aktif menjadi salah satu penyedia sumber daya manusia yang kompeten dalam kependidikan/ketarbiyahan di beberapa bidang. Dengan diselenggarakannya Program Studi S1 Tadris Biologi, maka akan terbentuk wadah pengembangan keahlian yang selaras dengan kebutuhan tenaga pendidik yang dapat menunjang dan menjawab kebutuhan nasional. Lulusan Program Studi Tadris Biologi akan menyandang gelar Sarjana Pendidikan Islam atau S.Pd.I.

Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung berdiri sejak tanggal 19 Mei 2015 dengan Nomor SK Pendirian 2885 tahun 2015. Penyelenggaraan Program Studi Tadris Biologi (TBIO) dimulai pada bulan Mei 2015. Alamat Program Studi Tadris Biologi FTIK IAIN Tulungagung di Jalan Mayor Sujadi Timur 46 Tulungagung, 66261. Pada tahun 2018 Program Studi TBIO mendapatkan peringkat akreditasi C oleh BAN-PT dan pada tahun 2022 mendapatkan penyesuaian peringkat akreditasi BAIK dengan SK No 6565/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/IX/2022. Pada tahun 2023 mendapatkan peringkat akreditasi “BAIK SEKALI” dengan SK Lamdik No 961/SK/LAMDIK/Ak/S/IX/2023.

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung didasarkan pada pertimbangan:

  1. Visi, misi, dan tujuan Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  2. Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI)
  3. Capaian Pembelajaran (CP) untuk memenuhi kriteria KKNI, SN Dikti, dan Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI mengacu pada KKNI dan SN Dikti
  4. Kebutuhan stakeholder

Adapun profil lulusan Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung adalah:

  1. Sebagai pendidik biologi
  2. Sebagai peneliti muda di bidang biologi dan Pendidikan biologi
  3. Sebagai pengelola laboratorium

Sebagai entreprneurship biologi