Lebih dari satu bulan tim telah berupaya untuk menyelesaikan artikel yang siap dipresentasikan di MSKN conference di University of Wroclaw pada tanggal 13-16 Maret 2023. Prodi TBIO dengan tim yang terdiri dari Korprodi TBIO Dr. Eni Setyowati, S.P., S.Pd., MM. dan mahasiswa TBIO Arfandy Budi Santoso berhasil mempresentasikan artikelnya dengan judul ”The Success of Indonesia Ecotourism With Ecological And Conservation Approach in The Post Covid-19.”

Bersama 36 Perguruan Tinggi di seluruh dunia, tim dari TBIO sukses memaparkan hasil risetnya. Dalam paparannya, tim menyampaikan bahwa keberhasilan pengembangan pariwisata yang ramah lingkungan dan disesuaikan dengan keunikan dan kondisi lokal dapat diukur melalui proses sosial-budaya yang berkelanjutan yang melibatkan identitas komunitas lokal, siklus berkelanjutan sumber daya alam dan lingkungan, serta proses ekonomi yang dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan. Pariwisata yang memperhatikan aspek ekologi merupakan dasar bagi pengembangan ekowisata yang berkelanjutan. Ekowisata di Indonesia memiliki potensi untuk memberikan dorongan ekonomi bagi masyarakat lokal, sambil melindungi lingkungan dan mempromosikan pembangunan berkelanjutan. Aktivitas ekowisata dirancang untuk meminimalkan dampak negatif pariwisata terhadap lingkungan dan masyarakat lokal. Selain itu, ekowisata di Indonesia juga difokuskan pada promosi warisan budaya dan pengetahuan tradisional. Di era pasca-COVID-19, ekowisata menjadi pilihan yang semakin menarik bagi para pelancong yang mencari cara yang aman dan bertanggung jawab untuk menjelajahi negara ini. Ekowisata memiliki potensi untuk memberikan dorongan ekonomi bagi masyarakat lokal, sambil melindungi lingkungan dan mempromosikan pembangunan berkelanjutan.

Konferensi berjalan lancer, semoga bisa menjadikan tambahan ilmu, pengalaman baik bagi dosen dan mahasiswa, serta dapat memotivasi mahasiswa-mahasiswa yang lain untuk kemajuan Prodi TBIO UIN SATU.