Selama tiga hari, 17-19 Januari 2023, sebanyak 21 dosen dan mahasiswa dari Prodi  TBIO FTIK UIN SATU mengikuti konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Japan Science and Technologi, Sakura Science Exchange Program dengan berbagai perguruan tinggi, yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, UIN Alaudin Makasar, Universitas Brawijaya, UIN Sunan Ampel, UIN Sunan Gunung Jati Bandung, UIN Walisongo Semarang, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sebelumnya pada tahun 2021, dosen dan mahasiswa TBIO juga pernah mengikuti konferensi ini. Sebagai tindak lanjut dari kerjasama, kegiatan konferensi akan dilakukan setahun sekali. Selain konferensi, tindak lanjut kerjasama dilakukan dengan kegiatan pengiriman mahasiswa untuk mengikuti short course selama satu minggu di Hiroshima University. Bidang yang selama ini dilakukan kerjasama adalah tentang riset kelautan. Pada tahun 2019 kemarin, satu mahasiswa TBIO UIN SATU telah mengikuti short course tersebut. Karena mulai tahun 2020 ada pandemi covid, short course untuk sementara dihentikan. Namun pada tahun 2023 akan diadakan lagi.

Pada konferensi kali ini bertemakan tentang aves, komodo, algae dan ampibi. Manfaat dari kegiatan ini selain terwujudkan kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian, mahasiswa akan menjadi lebih paham tentang penelitian-penelitian di bidang biologi di negara Jepang, yang tentunya lebih komplek dengan peralatan dan jenis penelitian yang lebih canggih, dengan harapan nantinya semakin banyak mahasiswa yang bisa ikut short course ke Jepang ataupun melanjutkan kuliah. Aamiin